Fungsi Dan Tujuan Dakwah

Sejak Rasullullah secara resmi diangkat sebagai Nabi dan Rasul, maka sejak itulah timbul dakwah, kemudian bergeraklah juru-juru dakwah menyebarkan ajaran islam ke penjuru dunia. Nabi sendiri tidak ingin dinamika dakwah berhenti sepeninggalannya. Sebelum ia meninggal dihadapa umat ia menyerahkan estafet dakwah kepada umatnya. Islam sendiri menghendaki tatanan masyarakat yang ideal baik akidahnya, ibadah maupun akhlaknya. Namun dalam sejarah kemanusiaan, masyarakat demikian belum pernah terwujud secara utuh. Karenanya dakwah selalu diperlakukan untuk meningkatkan kualitas spritual manusia secara perorangan maupun masyarakat. 

Penyebaran dakwah sendiri setidaknya memiliki 3 fungsi sebagai berikut :
* Dakwah berfungsi untuk menyebarkan islam kepada manusia sebagai individu dan masyarakat   sehingga mereka merasakan rahmat islam sebagai rahmat bagi seluruh alam.
* Dakwah berfungsi melestarikan nilai-nilai islam dari generasi ke generasi kaum muslimin berikutnya sehingga kelangsungan ajaran islam beserta pemeluknya dari generasi ke generasi berikutnya tidak putus.
*  Dakwah berfungsi korektif, artinya meluruskan akhlak yang bengkok, mencegah kemungkaran dan mengeluarkan manusia dari kegelapan rohani ( M.Ali Aziz, 2004:59-60)

Sedangkan mengenai tujuan dakwah adalah sebagaimana diturunkannya islam bagi umat manusia sendiri, yaitu untuk membuat manusia memilik kualitas akidah, ibadah serta akhlak yang tinggi(M.Ali Aziz, 2004:61). Menurut Bisri Afandi(1984:3) bahwa yang diharapkan oleh dakwah adalah terjadinya perubahan dalam diri manusia, baik kelakuan adil maupun aktual, baik pribadi maupun keluarga masyarakat, cara berpikirnya berubah, cara hidupnya berubah menjadi lebih baik ditinjau dari segi kualitas maupun kuantitas. Yang dimaksud kuantitas  adalah nilai-nilai agama sedangkan kualitas adalah kebaikan yang bernilai agama itu semakin dimiliki banyak orang dalam segala situasi dan kondisi.

Dakwah merupakan elemnt vital bagi pertumbuhan dan perkembangan islam . Olah sebab itu, dakwah sebagaimana dikemukakan oleh Moh. Ali Aziz memiliki tujuan sebagai berikut: 
* Mengajak orang-orang bukan islam untuk memeluk agama islam ( mengislamkan non muslim)
* Mengislamkan orang islam artinya meningkatkan kualitas iman, islam dan ihsan kaum muslim sehingga mereka menjadi orang-orang yang mengamalkan islam secara keseluruhan (Kaffah)
* Menyebarkan kebaikan dan mencegah timbul dan tersebarnya bentuk-bentuk kemaksiatan masyarakat yang tentram dengan penuh keridhaan Allah.
Membentuk individu dan masyarakat agar menjadikan islam sebagai pegangan dan pandangan hidup dalam segala segi kehidupan baik politik, ekonomi, sosial dan budaya( M.Ali Aziz, 2004:68-69)

Dari keterangan diatas dapat ditegaskan bahwa fungsi dakwah adalah menyebarkan islam dan melestarikannya, dan juga melakukan koreksi terhadap penyimpangan akhlak. Adapun mengenai tujuan dakwah ialah sebagaimana diturunkannya islam yaitu untuk membuat manusia memiliki akidah, ibadah dan akhlak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Dan Tujuan Dakwah "